Rabu, 11 September 2013

Dagelan Sholat Maghrib

Sujud.....!....sujud....!
Peristiwa ini terjadi beberapa minggu yang lalu, tepatnya pas waktu sholat maghrib tanggal 8 september 2013 . Saat itu jamaah sholat maghrib di kampungku begitu banyak  sampai-sampai keluar sampai ke serambi masjid. Tumben agak ramai masjidnya ‘pikirku, tidak seperti biasanya yang Cuma ada dua atau tiga larek saja jamaah yang ikut sholat  maghrib,itupun kebanyakan kaum manula. Mungkin ini karena hari minggu kali  banyak yang libur kerja ,anak-anak sekolah juga pas  lagi libur. Jadi masjidnya kelihatan begitu ramai tampak sekali syiar islamnya.

Pas waktu iqamat dan imam sudah berada di depan tidak ada masalah, semua berjalan seperti biasanya. Sholat maghribpun segera dilaksanakan berjamaah.Satu rakaat , dua rakaat samapai tiga rakaat semua berjalan seperti biasa lancar dan penuh dengan kekyusyukan.Nah ketika sholat sudah mau kelar tinggal tahiyat akhir saja, e... ternyata ada yang berbeda dari biasanya, saat duduk diantara dua sujud, imamnya lupa sujud yang terakhir. Padahal tinggal nunggu tahiyat saja sholat selesai. Setelah makmum semua menunggu...menunggu......... dan menunggu, e...imamnya ganti posisi seperti duduknya orang tahiyat akhir, sepontan saja makmum yang ada di belakang pada kompak mengucapkan kalimat tasbih”Subhanallah.....mendengar peringatan dari makmum seperti itu, imamnya langsung ambil posisi mau berdiri.Mungkin dikira rakaat sholatnya masih kurang menurut imam. Spontan saja makmumnya langsung mengucapkan tasbih untuk kedua kalinya “Subhanallah.....sebagai peringatan bahwa imam masih salah dalam gerakan sholatnya. Belum sempat berdiri sempurna, imamnya langsung ambil posisi seperti tahiyat lagi, spontan saja salah satu makmum yang merasa jengkel dengan keadaan imam seperti itu langsung nyeletuk “Sujud.....Sujud....! Bubarlah jamaah sholat maghrib saat itu. Ada yang terbengong-benggong, ketawa , bahkan banyak juga anak anak kecil yang cengengesan menyaksikan drama sholat magrib saat itu.Terpaksa salah satu makmum memerintahkan sholat maghrib diulang kembali, karena sholat maghrib yang barusan dilaksanakan tidak sah.

Bagi yang sudah paham tentang masalah seputar sholat, dan tahu betul posisinya sebagai makmum saat itu, pasti mengambil keputusan untuk” mufaroqo”(yakni keluar dari jamaah dan menyelesaikan sholat maghrib sendiri). Inilah pentingnya belajar tentang ilmu agama khususnya seputar masalah sholat.Karena sholat adalah persoalan penting yang tidak bisa diremehkan atau disepelekan. Mudah-mudahan ini akan menjadi peringatan bagi kita bahwa siapapun orangnya ustad, kyai, atau ulama sekalipun ketika menjadi imam, harus konsentarasi betul saat melaksanakan sholat biar tidak terjadi kesalahan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar